Cara Menanam Aglaonema (Chinese Evergreen)

Cara Menanam Aglaonema (Chinese Evergreen)

Maret 05, 2022 Pegangan.com

Tanaman Hias Aglaonema adalah tanaman hijau sangat indah, tetapi terkadang, kita menginginkan warna yang lebih cerah dan pola yang berani.

Tanaman hijau sangat indah, tetapi terkadang, kita menginginkan warna yang lebih cerah dan pola yang berani. Tanaman aglaonema, juga dikenal sebagai Chinese evergreen, menawarkan keduanya. Tanaman hias yang ringkas dan mudah tumbuh ini disukai karena warna dan polanya yang semarak, mulai dari hijau hutan, merah muda, merah, perak, dan kuning hingga garis-garis, bintik-bintik, dan gradien. Jadi jika ruang Anda membutuhkan sedikit percikan warna, aglaonema adalah tanaman untuk Anda.

Selain tampilan spektakuler dari tanaman ini, aglaonema juga terlihat santai, kompak, dan yang terbaik, hebat dalam mengkomunikasikan kebutuhannya, menjadikannya pilihan ideal untuk orang tua tanaman pemula. Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam penempatannya, karena aglaonema beracun bagi manusia dan hewan peliharaan.

Nama Botani : Aglaonema commutatum

Nama Umum: Aglaonema, cemara Cina

Jenis Tanaman: Evergreen abadi

Ukuran dewasa: tinggi 20 inci

Paparan Sinar Matahari: Rendah hingga terang, cahaya tidak langsung

Jenis Tanah: Tanah pot berbasis gambut

pH tanah: 5,6–6,5

Toksisitas: Beracun bagi manusia, beracun bagi hewan peliharaan

Perawatan Tanaman

Jaga agar tanah tanaman aglaonema Anda hampir tidak lembab — tetapi tidak basah — dan hindari membiarkan tanah mengering sepenuhnya. Umumnya, ia perlu disiram lebih sering di musim semi dan musim panas dan lebih sedikit di musim dingin, jadi periksa kelembapan tanah secara teratur. Tanaman Anda akan memberi tahu Anda saat sudah terlalu kering dengan membiarkan daunnya terkulai. Mereka harus bangkit kembali segera setelah disiram. Jika daun tanaman Anda menguning atau batangnya terasa lembek, itu tandanya tanaman tersebut terlalu banyak mendapatkan air.

Beri makan aglaonema Anda dengan pupuk tanaman hias yang diencerkan hingga setengah kekuatan setiap empat bulan atau lebih. Saat pot tanaman Anda menjadi penuh sesak, pindahkan ke wadah satu ukuran lebih besar dengan tanah segar. Ini paling baik dilakukan selama musim semi atau musim panas ketika tanaman aktif tumbuh.

Perawatan Aglaonema

Kondisi Tumbuh Terbaik untuk Aglaonema

Banyak tanaman hias favorit kami membutuhkan cahaya sebanyak yang Anda bisa berikan, tetapi tanaman aglaonema cukup fleksibel dalam hal ini. Secara khusus, varietas aglaonema hijau dapat mentolerir kondisi cahaya rendah dengan baik. Namun, untuk spesies beraneka ragam warna-warni, cahaya terang tanpa bayangan sangat ideal—seperti dari jendela yang menghadap ke utara, yang menawarkan cahaya paling lemah dibandingkan jendela dengan pencahayaan lain.

Tips: Tanaman ini menyukai panas, jadi pastikan Anda meletakkannya di tempat yang hangat, idealnya dengan suhu malam dalam kisaran 60 derajat dan siang hari berkisar antara 75–85 derajat.

Pot aglaonema Anda di tanah pot standar. Seperti pothos dan heartleaf philodendron, aglaonema juga dapat disimpan dalam wadah berisi air jernih. Jika menggunakan metode ini, tambahkan sedikit arang ke dalam air, dan beri makan tanaman sebulan sekali hanya dengan setetes pupuk tanaman hias. Jenis Aglaonema

Ada lebih dari 100 jenis aglaonema yang bisa dipilih. Kultivar seperti 'Merak Merah', 'George's Ruby,' dan 'Harlequin' memiliki percikan merah muda dan kuning, sedangkan 'Anyanmanee' memiliki daun merah muda cerah berbintik-bintik dan bermata sedikit hijau.

Aglaonema rona hijau, kadang-kadang disebut filipina evergreen, menawarkan nuansa rimbun seperti hutan dengan warna dan pola yang lebih tenang—namun tidak kalah menariknya. 'Black Lance', kultivar yang lebih besar, memiliki daun panjang runcing dengan warna perak pucat dan hijau tua, sedangkan garis-garis hijau pucat dan putih pada A.modetum dan 'Brilliant' mengingatkan kita pada pewarnaan beberapa spesies calathea .

Cara Menyebarkan Aglaonema

Aglaonema sangat mudah diperbanyak di air atau di tanah melalui stek batang. Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan perbanyakan yang dilakukan selama musim tanam yang hangat. Berikut caranya:

Langkah 1: Identifikasi tunas yang sehat pada tanaman induk yang akan diambil untuk pemotongan Anda. Tunas harus memiliki setidaknya lima daun dan panjangnya setidaknya enam inci. Baik tunas yang lebih baru maupun yang lebih tua dapat digunakan untuk perbanyakan.

Langkah 2: Dengan menggunakan pisau yang bersih dan tajam atau gunting kebun , buat potongan diagonal pada batang pucuk tepat di bawah simpul daun. Pangkas beberapa daun bagian bawah dari potongan.

Langkah 3: Jika menggunakan metode air, isi gelas atau toples dengan ukuran yang sesuai dengan air sehingga ruas daun (tetapi bukan daun yang tersisa) terendam, dan masukkan potongan ke dalam air.

Langkah 4: Jika menggunakan metode tanah, isi wadah tanaman kecil dengan tanah pot yang dikeringkan dengan baik. Basahi tanah, buat lubang beberapa inci dengan jari atau pensil Anda, dan tanam potongan di tanah. Tepuk tanah dengan lembut di sekitar pangkal pemotongan untuk mengamankannya.

Langkah 5: Tempatkan stek Anda di tempat yang hangat dengan cahaya terang dan tidak langsung. Jika menggunakan cara air, ganti airnya jika sudah keruh. Tanaman harus membentuk akar baru dalam empat sampai enam minggu. Setelah itu, rawat tanaman baru seperti biasa.

Tips: Spesimen yang diperbanyak dengan air cenderung tidak tumbuh subur saat ditanam di tanah. Jika Anda memilih untuk berkembang biak dalam air, yang terbaik adalah menyimpan tanaman dewasa di dalam air juga.

Masalah umum Aglaonema

Seperti banyak tanaman hias populer, jebakan paling umum dalam merawat Aglaonema adalah penyiraman yang tidak memadai — terlalu banyak atau terlalu sedikit. Untungnya, tanaman ini adalah komunikator yang hebat jika Anda tetap membuka mata.

Kutu kebul juga sangat mengganggu apabila sudah hinggap di daun dan akar Aglaonema. Bersihkan daun perlahan-lahan dengan menggunakan korek kuping yg sudah di basahi, apabila kutu kebul sudah menghinggapi pangkal daun yang dekat dengan akar, maka anda harus membongkar media tanam dan membersihkan sampai ke akar-akarnya, karena kutu kebul hinggap sampai di sela-sela akar bawah aglaonema.

Tip Daun Kering

Salah satu indikator bahwa ada masalah yang berkembang dengan aglaonema Anda adalah ujung daun yang mengering. Ini disebut "tipping," dan bisa menjadi gejala dari beberapa masalah, termasuk overwatering dan terlalu banyak pupuk. Tukang kebun profesional telah menentukan bahwa penyebab paling umum dari tip adalah menyirami tanaman Anda dengan air yang memiliki konsentrasi garam, klorin, dan fluorida yang tinggi. Jika tanaman Anda menunjukkan tanda-tanda tipping, beralihlah ke air murni.

Daun Terkulai

Ini adalah salah satu contoh di mana aglaonema Anda memberi tahu Anda dengan tepat apa yang dibutuhkannya. Daun yang terkulai berarti tanaman Anda sangat haus, jadi berikan dia banyak air dan awasi lebih dekat untuk mencegah tanah mengering sepenuhnya.

Daun Kuning

Jika daun tanaman Anda menguning, itu biasanya berarti Anda terlalu banyak menyiram. Bersantailah di permukaan air dan biarkan tanah lebih kering di antaranya. Di sisi lain, jika daun aglaonema Anda berwarna kuning dan terkulai, itu pertanda bahwa tanaman Anda benar-benar haus, jadi berikan minuman panjang yang enak dan sesuaikan jadwal penyiraman Anda.

Pot dan Repotting Aglaonema

Pohon cemara Cina tidak keberatan menjadi sedikit rootbound, tetapi begitu tanaman Anda menjadi terlalu ramai dengan akar yang menyembul keluar dari lubang drainase, itu berarti saatnya untuk transplantasi. Ini paling baik dilakukan selama musim semi atau musim panas ketika tanaman aktif tumbuh.

Pilih pot yang lebarnya tiga hingga empat inci dari wadah saat ini dan lapisi dengan tanah segar. Perlahan kendurkan tanaman Anda di sekitar tepinya dengan tangan Anda atau sekop taman tipis dan goyangkan bebas dari wadah. Tempatkan di pot baru, taburi dengan tanah segar, dan beri air minum yang enak.

Cara Membuat Aglaonema Mekar

Dengan banyak cahaya terang dan tidak langsung, kemungkinan aglaonema Anda akan mengirimkan bunga. Sama seperti Peace Lily atau Anthurium , bunga-bunga ini membentuk spadix tipis yang dikelilingi oleh semak berdaun. Pada awalnya, Anda mungkin mengira sehelai daun baru terbentang, tetapi Anda akan segera melihat bahwa itu adalah bunga yang unik. Meskipun sangat menyenangkan melihat tanaman Anda begitu bahagia, umumnya pohon cemara Cina dinikmati karena dedaunannya yang rimbun, jadi Anda tidak perlu berusaha terlalu keras untuk membuat tanaman Anda berbunga.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apakah aglaonema mudah dirawat?

Sangat. Pohon cemara Cina adalah beberapa tanaman hias yang paling berharga di luar sana — dedaunan yang cerah dan indah dengan sedikit usaha. Plus, mereka pemula dan ramah cahaya rendah.

Seberapa cepat aglaonema tumbuh?

Sementara beberapa varietas tumbuh lebih cepat daripada yang lain, Aglaonema umumnya adalah tanaman yang tumbuh lambat yang menghasilkan lebih banyak daun di musim panas dan sangat sedikit (jika ada) di musim dingin. Karena itu, Anda hanya perlu merepoting setiap tiga tahun sekali.

Apa perbedaan antara aglaonema dan dieffenbachia?

Keduanya cukup sering bercampur aduk. Mereka berdua tanaman rimbun dan berdaun yang dihargai karena dedaunannya yang unik. Perbedaan utamanya terletak pada ukuran dewasa—aglaonema mencapai satu hingga dua kaki, sementara dieffenbachia bisa menjadi jauh lebih besar. Daun aglaonema juga cenderung memiliki variegasi daun yang lebih berani dan acak, sedangkan daun dieffenbachia biasanya memiliki warna yang lebih terang di dalam dan lebih gelap di luar.

Cara menanam Aglaonema - Chinese Evergreen

Bisakah Saya Menumbuhkan Tanaman Aglaonema Baru Dari Stek?

Sangat bisa. Tanaman Aglaonema sangat mudah diperbanyak di tanah dari stek batang dan anakan Aglaonema. Memang butuh sedikit waktu, tetapi sangat mudah. Ini adalah kesempatan bagus untuk menanam beberapa tanaman hias Aglaonema ekstra untuk rumah Anda atau untuk dibagikan dengan teman dan keluarga Anda.

Penutup

Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda serta menjadi pegangan anda untuk memulai merawat tanaman hias Aglaonema anda.

Topik

Semua konten blog:

Hak cipta 2022 © oleh Pegangan.com

Semua gambar hak cipta dari situs Unsplash dan Pexels

Tertarik dengan domain ini atau ingin memiliki website seperti ini? Hubungi saya.