Cara Memangkas Tanaman Sirih Gading (Pothos)

Cara Memangkas Tanaman Rumah Sirih Gading – Panduan Praktis

Maret 05, 2022 Pegangan.com

Cara memangkas tanaman hias sirih gading dengan mulailah dengan menemukan daun yang rusak, berubah warna, mati, dan sekarat. Dengan menggunakan pemangkas steril, potong batangnya tepat di bawah simpul daun yang sehat.

Orang cenderung memilih tanaman hias sirih gading karena dianggap mudah tumbuh dan dirawat. Meskipun tanaman ini umumnya sesuai dengan reputasinya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal darinya. Itu sebabnya saya menyusun panduan ini tentang cara memangkas tanaman hias Sirih Gading.

Cara memangkas tanaman hias sirih gading: Mulailah dengan menemukan daun yang rusak, berubah warna, mati, dan sekarat. Dengan menggunakan pemangkas steril, potong batangnya tepat di bawah simpul daun yang sehat. Kemudian, rawat bagian yang tumbuh terlalu banyak, bentuk tanaman sesuai keinginan Anda.

Ada banyak hal yang disukai tentang tanaman sirih gading dan mereka dapat tinggal bersama Anda untuk waktu yang lama jika Anda belajar cara merawatnya dengan benar. Memangkas tanaman hias sirih gading sangat penting tidak hanya untuk penampilan tanaman, tetapi juga untuk membuatnya tetap sehat dan berkembang.

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Memangkas Tanaman Rumah Sirih Gading

Perbanyakan sirih gading lemon

Meskipun populer sebagai tanaman hias, Sirih gading dianggap sebagai spesies tanaman invasif dan telah mendapatkan julukan yang agak tidak menarik - Devil's Ivy. Tanaman lebat ini terlihat luar biasa di keranjang gantung atau pot yang diletakkan di atas meja atau lantai tetapi saat tumbuh, ia dengan mudah melingkari hampir semua hal di jalurnya.

Meskipun pertumbuhan ini sudah pasti menambah pesonanya, itu sering dilihat sebagai berkah dan kutukan. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, tanaman hias sirih gading tumbuh besar, subur, dan menyebar dengan cepat, memberikan suasana seperti hutan di rumah atau kantor Anda. Inilah mengapa sangat penting untuk mempelajari cara memangkas tanaman hias sirih gading.

Memangkas sirih gading adalah proses yang cukup sederhana, tetapi ada langkah-langkah tertentu yang harus Anda ambil untuk memastikannya dilakukan dengan benar. Dengan sedikit pengetahuan, Anda akan mengembangkan keterampilan Anda dan meningkatkan kepercayaan diri Anda sehingga Anda merasa lebih nyaman memangkas sirih gading dan tanaman hias Anda yang lain juga.

Kapan Memangkas Tanaman Sirih Gading

Salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kapan dan kapan tidak memangkas tanaman sirih gading Anda. Untungnya, sirih gading jauh lebih kuat daripada banyak tanaman hias lainnya, tetapi masih lebih baik untuk memangkasnya saat tumbuh aktif. Pemangkasan pada waktu yang salah dapat menyebabkan batang dan tanaman rambat gundul atau tanaman stres.

Yang terbaik hanya memangkas sirih gading Anda selama periode pertumbuhannya yang biasanya dari musim semi hingga awal musim gugur. Ini memungkinkan sirih gading pulih dengan cepat dari stres karena dipangkas dan dengan cepat membangun pertumbuhan baru.

Mengapa Tanaman Sirih Gading Harus Dipangkas?

Dengan kondisi pertumbuhan yang tepat, tanaman sirih gading tumbuh dengan cepat, dan dapat menjadi cukup besar seiring waktu. Mempertahankan ukuran tanaman agar sesuai dengan lokasi tumbuhnya di rumah Anda adalah alasan utama pemangkasan, bukan demi kesehatan tanaman.

Pemangkasan juga membantu merangsang pertumbuhan baru dan dapat membantu menebalkan dedaunan yang Anda inginkan untuk pertumbuhan yang lebih kompak untuk tanaman Anda. Beberapa orang lebih suka menanam sirih gading di dalam pot, sehingga pertumbuhan yang kompak akan lebih diinginkan. Yang lain lebih menyukai kebiasaan pertumbuhan merambat dan merambat, jadi memangkas batang yang tidak dominan dapat membantu memfokuskan pertumbuhan pada batang yang lebih panjang dan memperpanjang panjang tanaman secara keseluruhan.

Peralatan Apa yang Anda Butuhkan?

Peralatannya cukup mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah gunting tajam dan beberapa lembar tisu atau koran untuk diletakkan di bawah tanaman agar tidak mengacaukan area tempat Anda memangkas tanaman.

Anda harus memastikan bahwa gunting pemangkas Anda bersih dan steril. Pemangkasan adalah cara umum penyakit menyebar dari satu tanaman hias ke tanaman lainnya, jadi luangkan beberapa menit untuk membersihkan pemangkas Anda dengan alkohol atau bersihkan dengan air sabun panas.

Cara Memangkas Tanaman Sirih Gading

Sekarang, sampai ke seluk beluknya. Proses pemangkasan dimulai dengan pemeriksaan tanaman yang cermat. Temukan setiap dan semua daun dan batang yang rusak, berubah warna, mati, dan sekarat yang dapat Anda temukan. Ini harus menjadi yang pertama sebelum Anda memangkas daun atau batang yang sehat.

Untuk mendorong pertumbuhan baru dan menjaga kesehatan tanaman Anda, yang terbaik adalah menemukan tempat di mana batangnya kuat. Potong batang tepat di bawah simpul daun yang sehat. Untuk memperjelas, Anda harus meninggalkan simpul di pabrik. Bagi mereka yang tidak yakin seperti apa bentuk simpul daun, itu hanyalah tonjolan kecil di batang tempat pertumbuhan baru terbentuk.

Ambil setidaknya satu inci batang yang sehat bersama dengan batang dan dedaunan yang tidak sehat. Ini akan mengurangi risiko jalan pintas dari mengembangkan masalah yang sama.

Selain merawat bagian sirih gading yang sakit, Anda mungkin juga perlu merawat beberapa bagian tanaman merambat yang sehat. Anda melakukan ini dengan cara yang sama tetapi pertama-tama, rencanakan dengan tepat bagaimana Anda ingin tanaman Anda terlihat setelah selesai.

Ada banyak cara untuk memangkas sirih gading Anda dan masing-masing menarik dengan caranya sendiri yang unik. Pastikan untuk tidak melebih-lebihkan area tertentu dan lakukan perencanaan yang matang sebelumnya.

Setelah Anda memiliki gagasan tentang tampilan tanaman yang Anda inginkan, mulailah memotong batangnya, membentuk tanaman menjadi bentuk umum yang Anda inginkan, sebelum menyempurnakannya nanti.

Anda mungkin ingin membuang beberapa batang yang utuh dan sehat hingga kembali ke tanah. Untuk melakukan ini dengan benar, lacak dengan hati-hati setiap pohon anggur kembali ke tanah dan potong di mana saja dari dua hingga empat inci dari permukaan tanah. Jika memungkinkan, buat potongan Anda tepat setelah simpul daun.

Setelah ini selesai dan sirih gading Anda dipangkas dengan rapi dan menarik, ada baiknya untuk segera memeriksa tanaman Anda untuk mencari tanda-tanda serangga. Pemangkasan adalah kesempatan bagus untuk memeriksa dedaunan dengan hati-hati untuk mencari serangga atau masalah lain.

Jika Anda menemukannya, cobalah merawat tanaman Anda dengan salah satu pilihan alami ini untuk membasminya.

Apakah Ada Cara Untuk Membuat Sirih Gading Lebih Lebat?

Seperti yang saya sebutkan, sirih gading biasanya tumbuh dengan cepat sehingga mereka biasanya tidak membutuhkan banyak bantuan. Tapi, jika Anda ingin membuatnya terlihat bagus dan penuh, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Yang paling penting adalah memangkas tanaman dengan benar karena merangsang pertumbuhan dan menjaga tanaman tetap sehat.

Mempertahankan perawatan yang baik, termasuk memastikan cukup cahaya, air dan pupuk juga dapat memastikan tanaman yang lengkap dan sehat. Saya biasanya merekomendasikan untuk tidak memupuk tanaman sirih gading segera setelah pemangkasan. Terkadang pemupukan dapat membuat tanaman stres, terutama jika diterapkan secara berlebihan, dan selain stres pemangkasan, dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan.

Beri tanaman lebih banyak sinar matahari. Ini biasanya cukup untuk merangsang sirih gading untuk tumbuh lebih hijau dan lebih penuh. Pastikan mereka cukup disiram dan mempertahankan suhu 65-85 ° F atau 19-29 ° C.

Dapatkah Saya Menyebarkan Stek Sirih Gading?

Pemangkasan adalah waktu yang ideal untuk membuat stek sirih gading untuk perbanyakan. Sirih gading dapat dengan mudah diperbanyak di tanah atau air. Potong saja bagian batang sepanjang 4-6 inci, dengan beberapa daun di atasnya. Pastikan bagian bawah dua inci batang tidak memiliki daun dan letakkan ujung ini di air bersih atau di pot yang sudah disiapkan dengan tanah pot yang sesuai.

Dalam beberapa minggu, stek sirih gading Anda akan memiliki akar dan mungkin menumbuhkan beberapa daun baru. Tanpa terlalu banyak kesulitan, Anda dapat membuat persediaan sirih gading yang tiada habisnya untuk rumah Anda atau untuk diberikan kepada teman-teman.

Mengapa Tanaman Sirih Gading Begitu Populer?

Cara Memangkas Tanaman Sirih Gading (Pothos)

Ada banyak alasan mengapa tanaman ini menjadi tanaman hias yang umum. Pertama-tama, tanaman sirih gading cukup ramah dompet. Faktanya, sirih gading pot enam inci hanya berharga sekitar 5000 hingga 8000 rupiah. Bukan itu saja, itu bertahan sangat lama dengan perawatan yang tepat yang menjadikannya salah satu penawaran terbaik dalam hal tanaman hias.

Dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, ini sangat mudah dirawat. Tanaman hias sirih gading tidak membutuhkan banyak air atau cahaya untuk tumbuh subur di dalam ruangan. Meskipun demikian, tetap penting untuk memantau mereka dengan hati-hati untuk memastikan mereka sehat. Waspadai daun kecil, kurangnya pertumbuhan, atau sedikit atau tidak ada variasi warna daun. Ini adalah tanda-tanda tidak cukup cahaya dan air.

Terlalu banyak cahaya dan air juga tidak baik. Paparan cahaya yang terlalu lama menyebabkan daun terbakar dan penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar. Ketika datang untuk menyiram tanaman ini, para ahli setuju bahwa yang terbaik adalah menjaga tanah di sisi yang lebih kering sehingga yang terbaik adalah menunggu sampai bagian atas tanah kering sebelum menyiram lagi.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan tergantung pada suhu, ukuran pot, dan paparan cahaya dan dapat memakan waktu antara empat hingga tujuh hari. Anda juga harus menjauhkan sirih gading dari saluran pemanas dan pendingin, meskipun tanaman ini cukup kuat untuk bertahan dan berkembang dalam berbagai suhu.

Apakah Sirih Gading Tanaman yang Baik Untuk Pemula?

Ya! Ini adalah tanaman cantik yang mudah dipangkas dan tidak memerlukan banyak perawatan. Pastikan saja ia memiliki cukup air dan sinar matahari dan tanaman ini akan tumbuh subur. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin belajar tentang menyebarkan tanaman. Keterampilan yang Anda pelajari untuk merawat sirh gading akan berguna saat Anda mengambil tanaman yang membutuhkan sedikit lebih banyak perawatan.

Penutup

Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda serta menjadi pegangan anda untuk memulai merawat dan menjadi petunjuk untuk memangkas tanaman sirih gading (Pothos) anda.

Topik

Semua konten blog:

Hak cipta 2022 © oleh Pegangan.com

Semua gambar hak cipta dari situs Unsplash dan Pexels

Tertarik dengan domain ini atau ingin memiliki website seperti ini? Hubungi saya.