Tanaman Sirih Gading (Pothos)

Cara Merawat Tanaman Sirih Gading (Pothos) Tanaman yang Sempurna untuk Pemula

Januari 12, 2022 Pegangan.com

Tanaman Sirih Gading adalah tanaman indoor perawatan rendah yang dapat bertahan hidup dalam cahaya rendah. Pelajari cara merawat Tanaman Sirih Gading (Pothos) dengan pegangan bermanfaat ini!

Mengapa Anda Harus Menanam Tanaman Sirih Gading (pothos)

Tanaman sirih gading atau yang sering di sebut Pothos adalah tanaman yang indah dan salah satu tanaman hias paling populer di sekitar kita.

Dikenal karena daunnya yang merambat yang dapat menahan beberapa pengabaian yang serius, tanaman sirih gading adalah tanaman yang paling saya rekomendasikan untuk pemula berkebun yang ingin mudah menanam tanaman.

Setelah Anda tahu cara merawat tanaman photos, tanaman itu akan tumbuh untuk Anda selama bertahun-tahun dan bahkan puluhan tahun yang akan datang!.

Ibu aku memiliki tanaman sirih gading besar yang dia miliki selama lebih dari tiga dekade. Dia sangat menyukai tanaman itu dan dia suka memberi tahu orang-orang berapa lama dia memilikinya.

Sirih Gading

Tanaman ini memiliki umur yang cukup panjang. Dia membelinya ketika itu adalah tanaman kecil kecil dan sekarang panjangnya sudah beberapa kaki dan menutupi lantai.

Meskipun sangat indah, ini adalah tanaman tahunan dengan perawatan rendah yang tidak membutuhkan banyak perhatian dari penanam-nya. Ini pada dasarnya adalah tanaman yang sangat mandiri.

Untuk merawat tanaman pothos dengan baik, Anda perlu menyediakannya dengan pot yang baik yang memiliki lubang drainase, sinar matahari tidak langsung, dan sedikit air sesekali.

Ini berarti Anda dapat menumbuhkan tanaman yang indah dengan sedikit usaha dari Anda, dan itulah sebabnya setiap pemula berkebun harus memulai dengan tanaman pothos.

Namun, tidak hanya mudah untuk tumbuh. Daunnya yang hijau tua dan berbentuk hati dapat mempercantik area rumah Anda yang paling kusam.

Tempelkan di area yang membosankan di rumah Anda dan saksikan itu menjadi hidup!

Selain itu, ini adalah pembersih udara. Itu benar, salah satu alasan terbaik untuk menanam tanaman hias adalah karena mereka menghilangkan polutan di udara.

Mungkin itulah yang paling menarik bagi saya tentang menumbuhkan taman dalam ruangan. Pembersih udara gratis dan alami? Aku juga mau tentunya.

Jika Anda telah berkebun selama beberapa musim sekarang dan tinggal di iklim, tanaman rumah memberi Anda kesempatan untuk menjaga gairah berkebun Anda tetap hidup sepanjang tahun.

Dengan menanam pothos di dalam ruangan, Anda akan dapat memuaskan kecintaan Anda dalam merawat tanaman dan Anda akan melihatnya berkembang sepanjang musim.

Jika Anda membeli tanaman pothos dalam pot yang sudah mulai tumbuh tunas, Anda dapat menikmatinya segera setelah Anda membawanya pulang.

Jenis Wadah dan Tanah Apa yang Harus Anda Gunakan Untuk Tanaman Pothos?

Tanaman Pothos tidak rewel sehingga Anda dapat menggunakan wadah apa pun yang Anda inginkan asalkan memiliki lubang drainase di bagian bawah.

Lubang drainase sangat penting untuk berhasil menumbuhkan pothos – itu yang akan mencegah akar tanaman Anda membusuk!

Jika Anda membeli tanaman pothos dalam pot yang sudah mulai merambat, jangan khawatir tentang repotting.

Tanaman Pothos tidak perlu direpoting kecuali akarnya telah tumbuh begitu besar sehingga menghalangi air mengalir melalui lubang drainase.

Tanaman Pothos benar-benar tumbuh subur dalam wadah yang lebih kecil dan dapat menumbuhkan beberapa kaki anggur tanpa dipindahkan ke pot yang lebih besar.

Pot yang lebih kecil juga akan membantu menahan tanaman sehingga tidak tumbuh berlebihan.

Tanaman ini juga tumbuh indah di keranjang gantung dan totem yang ditempatkan di dalam pot, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Jika pothos Anda dikemas dalam wadah plastik, tidak apa-apa, ketahuilah bahwa wadah plastik menyimpan lebih banyak air daripada pot tanah liat atau terakota, jadi Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu banyak air.

Ini adalah bagian penting dari mempelajari cara merawat tanaman pothos!

Sejauh tanah, tanah terbaik untuk tanaman pothos adalah yang memiliki drainase yang baik.

Mirip dengan sukulen, tanaman pothos tidak tumbuh dengan baik ketika mereka duduk di tanah yang basah selama berhari-hari.

Cara Menyiram Tanaman Pothos

Percaya atau tidak, pothos tanaman yang tidak membutuhkan banyak air. Saya pernah membuat kesalahan dengan memberi tanaman pothos saya terlalu banyak air, dan itu membuatnya sangat jelas bahwa itu tidak bahagia atau menjadi layu!

Bagaimana saya tahu bahwa saya telah menyirami tanaman saya secara berlebihan? Beberapa hari setelah penyiraman, saya melihat jamur putih tumbuh di tanah lapisan atas, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ada juga sedikit bau berjamur yang berasal dari pot.

Untungnya, jamur ini tidak akan membunuh tanaman Anda, tetapi ini adalah tanda peringatan bahwa Anda harus berhenti menyiram terlalu sering.

Tanaman Pothos, seperti sukulen, hanya boleh disiram saat tanah sudah kering. Saya biasanya menyirami tanaman hias saya sekitar seminggu sekali atau satu setengah minggu.

Perawatn pothos

(Tips: Jangan menyemprotkan air ke daun pothos Anda, ini juga tidak perlu dan tidak ada gunanya).

Lanjutkan penyiraman sampai Anda melihat air keluar dari lubang drainase. Ini akan berfungsi sebagai tanda Anda bahwa air telah menembus tanah dan memberi akar kelembaban yang cukup.

Pastikan untuk membuang sisa air dari cawan, karena Anda tidak ingin akar tanaman Anda terlalu lama berada di dalam air.

Tanda-tanda kekurangan dan Kelebihan Penyiraman

Tanaman Anda akan memberi tahu Anda apakah ia menerima jumlah kelembapan yang tepat.

Jika Anda mulai memperhatikan bahwa ujung daun berubah menjadi hitam atau coklat tua seolah-olah terbakar matahari, ini berarti Anda telah menyiram tanaman Anda secara berlebihan.

Sebaliknya, daun kuning merupakan indikasi bawah air. Ini biasanya berarti Anda membiarkan tanah tetap kering selama berhari-hari.

Namun, jangan panik, tanaman Anda akan baik-baik saja selama Anda mulai memberinya cukup air.

Inilah yang sangat menarik tentang tanaman pothos dan tanaman hias secara umum: mereka akan memberi tahu Anda apa yang terjadi sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah apa pun sebelum terlambat.

Anda mungkin berpikir Anda tidak dapat menanam pothos di dalam rumah Anda karena Anda tidak memiliki cukup jendela yang membiarkan sinar matahari masuk, tetapi Anda bisa. Pothos adalah tanaman yang benar-benar tumbuh subur di daerah yang kurang cahaya.

Itulah mengapa begitu banyak orang suka menanam pothos di sudut-sudut redup rumah mereka, di dalam kamar mandi, atau di meja kerja atau bilik mereka.

Faktanya, tanaman pothos tumbuh lebih baik di lingkungan dengan cahaya rendah daripada di bawah sinar matahari langsung.

Cobalah memberi tanaman pothos Anda beberapa jam sinar matahari tidak langsung setiap hari. Dekat jendela adalah yang terbaik, jika memungkinkan.

Jika Anda tidak bisa mendapatkan beberapa jam sinar matahari tidak langsung, mereka akan bertahan hidup lebih sedikit.

Tanaman Pothos tumbuh paling baik pada suhu 60 – 80 derajat Farenheight, dan tidak boleh tumbuh dalam suhu kurang dari 40 derajat. Bagaimanapun, ini adalah tanaman tropis.

Pemberian Pupuk pada Tanaman Pothos

Anda dapat menerapkan pupuk ke tanaman pothos untuk membantu mempertahankan semangatnya, tetapi biasanya tidak perlu.

Selama tanah yang ditanaminya berkualitas baik , tanaman harus menerima semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang.

Jika Anda penasaran untuk melihat bagaimana tanaman Anda akan mendapat manfaat dari pemupukan biasa, saya merekomendasikan pupuk cair.

Mulailah dengan yang lebih kecil dan campurkan pupuk cair dengan air di kaleng penyiram Anda.

Lakukan ini setiap dua minggu, sebulan sekali, atau pada awal Musim Semi dan Musim Gugur, seperti saat memupuk sukulen.

Memangkas Tanaman Pothos

Tanaman hias adalah tanaman yang paling mudah dipangkas. Jika Anda melihat daun mati atau daun yang terlihat tidak menarik, lanjutkan dan pangkas.

Cukup cabut daunnya sampai terlepas dari batangnya. Anda juga dapat menggunakan gunting untuk mempersingkat tanaman merambat yang ingin Anda jinakkan. Sangat mudah sekali bukan!

Memangkas sisirh gading

Pemangkasan adalah bagian penting dari foto perawatan tanaman karena hal itu akan membuat tanaman tumbuh seperti yang Anda inginkan dan juga akan membersihkannya dari daun mati, yang dapat menarik hama pada tanaman.

Membasmi Hama

Hama tidak akan menjadi masalah besar saat menanam tanaman pothos di dalam ruangan, meskipun Anda mungkin menemukan serangga seperti kutu putih.

Kutu putih mudah dibasmi, jadi jangan terlalu khawatir. Kutu putih adalah gundukan putih seperti kapas yang menyebar dengan cepat dan dapat menyebar dari tanaman ke tanaman jika tidak dihilangkan.

Cara terbaik untuk menyingkirkan hama ini adalah dengan alkohol. Cukup celupkan Q-tip ke dalam alkohol gosok dan usap daunnya hingga bersih.

Jika masalahnya lebih buruk daripada beberapa gundukan, Anda bisa menyemprot daun dan tanah lapisan atas dengan air dan alkohol. Jadi ini sampai tanaman Anda bebas dari kutu.

Penutup

Merawat Sirih Gading termasuk mudah, anda bisa membiarkan nya saja dan Sirih Gading akan tumbuh merambat dengan sendirinya. Begitu juga dengan potongan stek Sirih Gading, apabila anda tebar, menanam kembali di pekarangan atau tanah begitu saja, Sirih Gading akan tumbuh dengan sehat dan kuat. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda serta menjadi pegangan anda untuk memulai merawat dan menanam tanaman Sirih Gading (Pothos) di rumah.

Topik

Semua konten blog:

Hak cipta 2022 © oleh Pegangan.com

Semua gambar hak cipta dari situs Unsplash dan Pexels

Tertarik dengan domain ini atau ingin memiliki website seperti ini? Hubungi saya.