Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Penanaman dan Perawatan Tanaman Lidah Mertua

Maret 02, 2022 Pegangan.com

Tanaman Sansevieria, juga disebut pedang-pedangan, Lidah Mertua, Rami Tali Busur, dan Lidah Setan, awalnya ditemukan tumbuh di Afrika dan Asia Selatan.

Tentang Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Sansevieria, juga pedang-pedangan, Lidah Mertua, Rami Tali Busur, dan Lidah Setan, awalnya ditemukan tumbuh di Afrika dan Asia Selatan. Ini adalah tanaman hias yang kuat, hampir tidak mungkin untuk dibunuh yang tumbuh subur karena diabaikan.

Tanaman sansevieria dapat tumbuh dalam cahaya terang atau teduh, tidak terganggu oleh kelembaban rendah atau angin dingin, jarang perlu direpoting, dan tahan kekeringan. Satu-satunya cara untuk membunuh sansevieria adalah dengan menyiram atau menyimpannya pada suhu 40°F (4.4°C) atau kurang untuk jangka waktu yang lama.

Sedikit penjelasan tentang sansevieria

Lidah Mertua

Tanaman Sansevieria dapat digunakan sebagai tanaman meja saat kecil, atau tanaman lantai megah saat dewasa. Daunnya tersusun dan tumbuh dalam pola roset. Tanaman sansevieria mengembangkan daun yang keras dan kasar untuk beradaptasi dengan daerah kering dan gersang di mana mereka awalnya ditemukan tumbuh. Daun yang tebal dan sukulen menyimpan air dan kutikula daun yang tebal membantu mengurangi hilangnya kelembapan. Bunga sansevieria biasanya berwarna putih kehijauan dan tumbuh di atas batang yang panjang dan tidak berdaun. Berbunga biasanya terjadi selama musim panas atau gugur.

Varietas Populer Sansevieria

Sansevieria Trifasciata adalah varietas yang paling populer dijual. Ini memiliki daun panjang, seperti pedang, sukulen yang tumbuh setinggi sekitar 2-3 kaki. Banyak jenis trifasciata termasuk S. Futuro Robusta” yang memiliki pola hijau keabu-abuan pada daun; dan S. laurentii dengan daun beraneka ragam yang memiliki tepi emas cerah;

Sansevieria Zelanica sedikit lebih pendek dari trifasciata dan memiliki daun hijau tua dengan pola horizontal putih krem.

Sansevieria Hahnii memiliki roset daun berdaging yang tebal, kompak, sangat pendek (4”). Golden Hahnii dan Silver Hahnii adalah dua varietas yang populer.

Sansevieria Cylindrica adalah tumbuhan tidak bertangkai dengan daun kaku, tinggi, sempit, abu-abu-hijau yang memiliki garis-garis hijau gelap horizontal.

Sansevieria Braided Cylindrica dibuat dengan mengepang perlahan batang S. Cylindrica yang tinggi dan sempit, lalu mengumpulkan bagian atas batang bersama dengan dasi dekoratif.

Kesimpulan

Tanaman Lidah Mertua

Tanaman sansevieria adalah salah satu tanaman yang hanya bisa tumbuh dengan membiarkan-nya saja. Ini sangat cocok untuk seseorang yang suka memiliki tanaman di rumah mereka, tetapi tidak memiliki waktu (atau minat) untuk terus-menerus merawatnya. Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak air! Tanaman ini dianggap beracun dan harus dijauhkan dari hewan peliharaan dan anak-anak.

Lidah Mertua di Rumah anda

Perawatan

Cahaya

Berapa banyak cahaya yang dibutuhkan sansevieria: Tanaman ini dapat ditempatkan di mana saja di dalam ruangan, dari sudut paling gelap hingga jendela paling terang. Semakin baik cahaya, semakin cepat tanaman sansevieria tumbuh. Semakin banyak warna pada daun, semakin banyak cahaya yang dibutuhkan tanaman.

Air

Cara menyirami tanaman sansevieria: Penyiraman yang berlebihan adalah alasan utama tanaman sansevieria mati. Biarkan tanah mengering secara praktis sebelum Anda menyiraminya. Selama musim dingin, di daerah yang kurang cahaya, tanaman sansevieria mungkin hanya membutuhkan air satu atau dua bulan sekali.

Pemupukan

Cara memberi makan tanaman sansevieria: Pupuk setiap bulan saat tanaman aktif tumbuh dengan makanan tanaman kaktus yang diencerkan hingga 1/2 kekuatan yang disarankan. Jangan pernah menggunakan pupuk yang mengandung nitrat.

Suhu

Suhu terbaik untuk tanaman sansevieria: Sansevieria tumbuh dengan baik pada suhu hangat antara 60°F (15,5°C) dan 85°F (29°C)

Kelembapan

Apakah tanaman sansevieria membutuhkan kelembaban tinggi: Kelembaban rendah atau kelembaban dasar di rumah tangga akan baik-baik saja untuk tanaman sansevieria.

Berbunga

Apakah tanaman sansevieria berbunga: Jika kondisinya tepat, tanaman sansevieria dapat menghasilkan bunga setiap beberapa tahun selama musim semi dan musim panas. Produksi bunga terjadi ketika tanaman berada dalam cahaya terang dan mengalami stres; stres mungkin tanah yang sangat kering atau terikat akar dalam pot kecil. Bunganya muncul sebagai kelompok pada paku panjang. Bunga Sansevieria harum tetapi tidak terlalu cantik.

Hama

Hama tanaman sansevieria: Kutu putih dan tungau laba-laba bisa menjadi masalah. Untungnya mereka mudah terlihat pada tanaman sansevieria dan dapat diobati dengan cepat. Baca lebih lanjut tentang cara mengidentifikasi dan mengobati tungau laba-laba dan kutu kebul.

Penyakit

Penyakit tanaman sansevieria: Penyakit Bintik Daun Merah menyebabkan munculnya bintik-bintik merah pada daun tanaman. Buang daun yang sakit dan semprot tanaman dengan Fungisida. Jaga agar daun tetap kering dan berikan sirkulasi udara yang baik untuk mencegah Penyakit Bercak Daun merah menginfeksi kembali tanaman. Penyiraman yang berlebihan pada sansevieria menyebabkan pembusukan akar bakteri. Ganti tanah basah dengan penyakit tanaman Sansevieria kering: Penyakit Bercak Daun Merah menyebabkan bercak coklat kemerahan pada daun. Buang daun yang sakit, semprot tanaman dengan Fungisida, memberikan sirkulasi udara yang baik, dan menjaga daun tetap kering. Busuk akar karena penyiraman yang berlebihan adalah alasan utama tanaman sansevieria mati. Singkirkan semua tanah basah. Biarkan tanaman duduk di luar akar di malam hari. Repot di tanah gembur yang kering, dan kurangi air. tanah dan kurangi jumlah air yang Anda berikan pada tanaman.

Tanah

Tanah terbaik untuk tanaman sansevieria: Gunakan tanah organik yang baik, kaya, dan cepat kering. Jika tanah tidak mengering dengan baik dan tampak berat dan seperti tanah liat, tanah merah, tambahkan sedikit saja pasir bangunan.

Ukuran Pot

Berapa ukuran pot yang dibutuhkan tanaman sansevieria: Simpan akar sansevieria dalam pot kecil dan panjang dengan lubang tetesan di bagian bawah. Ini membantu bunga sansevieria lebih sering dan mencegah penyiraman yang berlebihan.

Pemangkasan

Cara memangkas tanaman sansevieria: Gunakan pisau tajam dan steril untuk menghilangkan daun yang terlalu tinggi atau rusak dengan cara apa pun. Berhati-hatilah agar tidak merusak daun kecil yang masih tumbuh.

Perbanyak

Cara memperbanyak tanaman sansevieria: pembagian tanaman, stek daun, dan menggunakan pangkal yang tumbuh di sekitar pangkal tanaman adalah metode perbanyakan terbaik. Dengan menggunakan stek atau pangkal, selalu biarkan ujung potongan mengering selama beberapa hari sebelum menanamnya.

Tanaman Pembersih

Apakah sansevieria tanaman pembersih udara: Semua varietas sansevieria adalah Tanaman Pembersih Udara yang sangat baik. Mereka telah terbukti menghilangkan benzena, formaldehida, dan trikloretilen dari udara.

Infomasi Tanaman Beracun

Apakah tanaman sansevieria beracun: Sansevieria adalah tanaman yang agak beracun dengan tingkat toksisitas #1. Ini beracun bagi anjing, kucing, dan anak kecil.

Penutup

Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda serta menjadi pegangan anda untuk memulai merawat dan menanam tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) di rumah Sansevieria kadang-kadang disebut sebagai "Tanaman Lidah Mertua" karena daunnya yang panjang, runcing, dan runcing. Jika Anda menggigit salah satu daun, mulut Anda mungkin mati rasa. Orang-orang yang tidak akur dengan ibu mertua mereka menemukan hubungan dengan deskripsi ini.

Topik

Semua konten blog:

Hak cipta 2022 © oleh Pegangan.com

Semua gambar hak cipta dari situs Unsplash dan Pexels

Tertarik dengan domain ini atau ingin memiliki website seperti ini? Hubungi saya.