8 Jenis Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

8 Jenis Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Juli 05, 2022 Pegangan.com

Ketika mendengar istilah 'Lidah Mertua’ (Sansevieria) mungkin ada lebih dari satu jenis tanaman yang terlintas di benak Anda.

Sansevieria kirkii Ada banyak penjabaran untuk menggambarkan lebih dari satu jenis Sansevieria atau ada beberapa varietas Sansevieria sehingga dapat sedikit menyesatkan jika Anda mengacu pada tanaman tertentu. Untuk menambah kebingungan, beberapa spesies juga dapat ditemukan dalam berbagai kultivar yang berbeda dengan penampilan yang sangat berbeda.

Tips Merawat Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Sangat mudah untuk merawat tanaman lidah mertua (Sansevieria), bahkan seperti merawat sebagian besar spesies sukulen. Ketika dirawat dengan benar, lidah mertua tumbuh dengan cepat, dan merupakan tanaman yang ideal untuk perbanyakan.

Karena bentuk daunnya yang besar dan rata, mereka akan sangat mudah mengumpulkan debu dan mulai terlihat sangat tidak estetis jika tidak dibersihkan secara teratur. Anda harus berhati-hati saat melakukan ini untuk memastikan Anda tidak merusak daun dan menyebabkan jaringan parut.

Varietas Sansevieria sangat toleran dan tahan terhadap sebagian besar hama dan penyakit. Ini adalah praktik terbaik untuk memeriksa daun tanaman Anda, sistem akar, dan tanah untuk tanda-tanda hama atau penyakit.

Anda juga harus menyadari bahwa tanah pot biasa tidak cocok untuk spesies tanaman lidah mertua karena tanahnya terlalu padat untuk tanaman ini tumbuh subur. Sebagai gantinya, pot mereka di kaktus atau tanah sukulen yang berpori dengan drainase yang bagus untuk menghentikan akar mati lemas.

Kondisi Iklim Terbaik untuk Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua dapat hidup di sebagian besar kondisi selama suhu tidak pernah mencapai di bawah 50 ° F (10 ° C). Mereka membuat tanaman hias yang bagus, dan mereka juga tanaman yang indah untuk dimiliki di halaman belakang Anda.

Jangan pernah meninggalkan tanaman Anda dalam kondisi beku, karena akan cepat rusak. Jika tanaman Anda terletak di balkon atau di halaman belakang Anda dan cuaca berubah menjadi buruk, Anda harus memindahkan varietas tanaman lidah mertua di dalam ruangan untuk perlindungan.

Penyiraman yang Optimal

Sangat sulit untuk menyirami tanaman lidah mertua Anda dengan benar. Kelebihan air adalah masalah tanaman sukulen paling umum yang dihadapi penggemar tanaman lidah mertua di seluruh dunia.

Menyiram tanaman Anda dari pangkal dianjurkan. Ini membantu akar tumbuh jauh ke dalam pot; itu juga membantu Anda menghindari membanjiri akar karena kelebihan air dapat keluar.

Gunakan metode penyiraman 'rendam dan keringkan' untuk tanaman sukulen Anda. Menyentuh tanah setiap hari dan hanya menyirami tanaman jika tanah benar-benar kering. Ini sangat penting karena penyiraman prematur akan menyebabkan busuk akar dan penyakit serupa.

Cahaya Optimal

Jika Anda ingin tanaman lidah mertua Anda tumbuh dengan cepat, letakkan di sudut rumah yang cerah, di bawah sinar matahari sebagian atau tidak langsung. Demikian juga, jika Anda ingin tanaman Anda tumbuh lebih lambat, letakkan di tempat teduh yang mendapat sinar matahari di siang hari.

Membiarkan sukulen Anda di bawah sinar matahari langsung untuk waktu yang lama bisa sangat merugikan. Daunnya mungkin menjadi rapuh, mereka mungkin terbelah, dan jaringan parut permanen dapat berkembang yang tidak akan hilang kecuali Anda memangkas dan menghilangkan area yang rusak.

Tip Populer: Anda harus selalu menanam tanaman lidah mertua di pot daripada di wadah besar yang tidak bisa dipindahkan. Ini agar Anda dapat mengontrol lingkungan tanaman setiap saat.

Varietas Tanaman Sansevieria (Ular)

Secara keseluruhan, ada lebih dari 70 jenis Sansevieria yang diberi nama 'Tanaman Lidah Mertua'.

Apakah Anda sudah memiliki Tanaman Lidah Mertua dalam koleksi Anda atau sedang mempertimbangkan pilihan Anda, Anda memiliki banyak tanaman untuk dipilih. Berikut adalah sepuluh Sansevieria yang harus dipertimbangkan oleh setiap pecinta Tanaman Lidah Mertua.

Sansevieria Trifasciata

Sansevieria trifasciata adalah salah satu jenis tanaman lidah mertua yang paling umum dan ada beberapa kultivar yang bisa dipilih. Beberapa memiliki daun hijau tua, sementara yang lain memiliki daun beraneka ragam atau bahkan keriting.

Pada saat jatuh tempo, daunnya biasanya sekitar tiga kaki panjangnya dan lebarnya 2,5 inci. Tanaman ini berasal dari Afrika Barat dan merupakan pilihan populer untuk lansekap atau sebagai aksen dalam dekorasi dalam ruangan.

Sansevieria trifasciata mudah dirawat dan merupakan pilihan yang cocok untuk pemula dan tukang kebun berpengalaman.

Ini membutuhkan cahaya yang cukup terang tetapi dapat bertahan di lingkungan dengan cahaya rendah. Dia lebih suka tanah yang dikeringkan dengan baik karena terlalu banyak kelembaban dapat menyebabkan busuk akar.

Sansevieria Gracilis

Tanaman Lidah Mertua ini adalah salah satu varietas yang lebih mungil. Biasanya, daunnya tetap di bawah sekitar 18 inci tingginya.

Pita hijau dan putihnya panjang dan runcing, seperti kebanyakan varietas Sansevieria. Biasanya mekar di akhir musim gugur dan menghasilkan kelompok bunga putih kehijauan.

Sansevieria Canaliculate

Cahaya terang yang disaring atau sinar matahari parsial sangat ideal untuk Sansevieria gracilis. Mungkin saja tanaman ini tumbuh di tempat teduh penuh atau kondisi cahaya redup, tetapi warnanya tidak akan secerah saat mendapat lebih banyak sinar matahari.

Seperti kebanyakan varietas Sansevieria, perbanyakan lidah mertua dimungkinkan melalui stek daun dan pembelahan batang.

Daun silinder Sanseveria canaliculate berukuran panjang hingga tiga kaki dan berdiameter sekitar satu inci pada saat jatuh tempo. Daunnya tumbuh satu atau dua sekaligus.

Tanaman Lidah Mertua ini berasal dari Madagaskar dan mekar di musim semi. Bunganya berbentuk tabung dan berwarna putih kehijauan.

Sansevieria canaliculate lebih menyukai cahaya terang yang disaring dan tanah yang dikeringkan dengan baik. Air yang jarang akan membuat tanaman ini dalam kondisi prima.

Ini bukan tanaman yang tahan beku dan harus dilindungi selama suhu di bawah 50 derajat Fahrenheit.

Sansevieria Patens

Sansevieria unik ini berasal dari Afrika timur dan tumbuh dalam bentuk roset dengan daun silindris pendek. Daun beralur bisa mencapai panjang tiga kaki dan diameter sekitar dua inci.

Mereka biasanya berwarna hijau tua dengan pita hijau muda. Saat mekar, tanaman menghasilkan kelompok bunga putih keabu-abuan.

Seperti varietas Sansevieria lainnya, Sansevieria patens tumbuh paling baik dalam cahaya yang cukup terang. Cahaya yang lebih terang akan memunculkan warna alami tanaman, tetapi dapat mentolerir sebagian besar tingkat cahaya.

Tanaman ini lebih suka disiram jarang tetapi dalam. Itu tidak tahan beku dan harus dilindungi atau dibawa ke dalam selama cuaca dingin.

Sansevieria Trifasciata ‘Laurentii’

Varietas Sansevieria ini memiliki daun hijau tua dengan tepi keemasan. Pada saat jatuh tempo, tanaman bisa mencapai hingga empat kaki tingginya.

Seperti Sansevieria lainnya, daun berbentuk pedang tumbuh secara vertikal dalam rumpun yang rapat. Jarang kultivar ini mekar, tetapi ketika mekar, ia menghasilkan daun putih kehijauan di bagian atas perbungaan yang ramping.

Laurentii melakukan yang terbaik dalam cahaya yang cukup terang. Cahaya yang lebih terang akan menghasilkan daun yang berwarna lebih cerah, tetapi sinar matahari penuh dapat membakar daun. Tanaman ini paling baik dengan air yang jarang, terutama selama musim dingin. Tanah yang dikeringkan dengan baik sangat penting untuk mencegah pembusukan akar.

Sansevieria Cylindrica

Varietas Tanaman Lidah Mertua silindris ini berasal dari Angola dan kadang-kadang disebut 'Tombak Afrika'. Lebih besar dari banyak Sansevieria lainnya, daun bulat halus bisa mencapai hingga enam kaki.

Ini adalah praktik umum untuk mengepang daun saat masih muda, mengamankannya di bagian atas. Ini membantu mengontrol pertumbuhan dan menciptakan pengaturan yang menyenangkan.

Sansevieria cylindrica adalah tanaman yang bagus untuk digunakan untuk lansekap, asalkan Anda tinggal di iklim yang hangat.

Seperti succulents lainnya, tanah yang dikeringkan dengan baik sangat penting, dan air harus jarang diberikan. Tanaman ini sedikit beracun, jadi berhati-hatilah jika menanam di lokasi yang sering dikunjungi anak-anak atau hewan.

Sansevieria Fischeri

Sansevieria fischeri adalah salah satu varietas Tanaman Lidah Mertua yang lebih kecil, berukuran kurang dari 16 inci saat dewasa.

Ini adalah tanaman yang ideal untuk berkebun kontainer tetapi juga dapat ditanam dengan sukses di luar ruangan. Di musim panas, tanaman menghasilkan perbungaan dengan sekelompok bunga putih berbentuk tabung.

Varietas Tanaman Lidah Mertua ini tumbuh dengan baik dengan banyak sinar matahari dan drainase yang memadai. Ini bukan tanaman yang tahan beku, jadi bersiaplah untuk membawa tanaman ke dalam atau melindunginya jika suhu turun di bawah titik beku.

Sansevieria Masoniana

Kadang-kadang disebut Sirip Paus atau Sirip Hiu, Tanaman Lidah Mertua ini berasal dari Afrika tengah. Ini memiliki daun hijau berbintik-bintik yang luas yang bisa mencapai hingga empat kaki panjangnya.

Daun berbentuk dayung juga dapat beraneka ragam, tergantung pada kultivarnya. Tanaman ini dapat dengan mudah dikenali dari pelepahnya yang berpita ungu, tetapi sering kali berada di bawah garis tanah.

Sansevieria masoniana tumbuh subur dalam cahaya terang. Padahal, tanaman ini tidak mungkin berbunga jika tidak mendapat sinar matahari yang cukup.

Ini membutuhkan air hanya ketika tanah kering dan tidak boleh dibiarkan tergenang air. Tanaman Lidah Mertua ini tidak akan mentolerir suhu beku, sehingga perlu dilindungi selama cuaca sangat dingin.

Ini hanya beberapa dari banyak varietas sansevieria yang luar biasa. Tanaman Lidah Mertua sangat cocok untuk taman kontainer dalam ruangan dan lansekap luar ruangan.

Mereka mudah dirawat dan merupakan pilihan tepat untuk tukang kebun yang tidak berpengalaman dan ahli. Dengan begitu banyak pilihan bentuk dan warna, bagaimana Anda bisa membawa pulang hanya satu?

Panduan Membeli Tanaman Lidah Mertua

Saat mencari tanaman lidah mertua Anda berikutnya, Anda ingin membeli sesuatu yang akan tumbuh subur selama bertahun-tahun yang akan datang. Tidak semudah kedengarannya untuk membeli tanaman lidah mertua; Anda harus mempertimbangkan jenis tanaman lidah mertua mana yang cocok untuk Anda dan yang paling Anda sukai tampilannya, serta banyak faktor lainnya. Lihatlah panduan pembelian berikut untuk saran.

Warna

Warna tanaman adalah indikator besar kesehatannya. Perubahan warna dapat menjadi tanda dari banyak kondisi, beberapa lebih serius daripada yang lain.

Tanaman lidah mertua harus cerah dan bersemangat. Daunnya harus berwarna hijau kaya, dan batangnya harus terlihat cerah dan segar. Waspadai tanda-tanda menguning atau bintik-bintik hitam atau coklat, karena ini bisa menjadi tanda kondisi yang sangat serius.

Tekstur

Tanaman lidah mertua dengan tampilan atas daun jatuh. Tekstur tanaman merupakan indikator kesehatan yang sangat penting. Tanaman lidah mertua harus memiliki batang yang kokoh, dan daunnya harus renyah dan bentuknya tetap.

Daun atau batang yang basah atau tanaman yang tampak layu adalah pertanda buruk bagi kesehatan tanaman. Batang yang rapuh dan daun yang basah bisa menjadi tanda busuk akar, yang merupakan kondisi yang sangat sulit untuk diatasi.

Sistem akar

Jika Anda membeli tanaman dari pusat taman dan bukan dari toko online, Anda harus mengeluarkan tanaman dari pot dan memeriksa sistem akarnya. Ini seharusnya bukan tugas yang sulit.

Jika tanah dan akarnya tetap rapat dan bentuknya tetap seperti pot bahkan ketika tanaman telah dikeluarkan dari pot, maka tanaman tersebut memiliki akar yang kuat. Jika tanah runtuh dan meninggalkan Anda dengan banyak kotoran di tangan Anda, maka sistem root tidak terbentuk.

Pot

Pot tanaman lidah mertua selalu dapat diubah, jadi jangan mendasarkan keputusan akhir Anda pada tampilan pot tanaman. Pastikan pot memiliki banyak lubang drainase di dalamnya agar kelebihan air bisa keluar. Pot terakota sangat bagus untuk tanaman lidah mertua.

Lidah Mertua

Penutup

Lidah Mertua termasuk tanaman yang kuat dan tahan banting, begitu juga dengan cara merawat nya yang tidak terlalu menghabiskan waktu bagi anda yang sibuk dengan kegiatan lainnya. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda serta menjadi pegangan anda untuk memulai merawat dan menjadi petunjuk untuk memangkas tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) anda.

Topik

Semua konten blog:

Hak cipta 2022 © oleh Pegangan.com

Semua gambar hak cipta dari situs Unsplash dan Pexels

Tertarik dengan domain ini atau ingin memiliki website seperti ini? Hubungi saya.