Cara Memangkas Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Cara Memangkas dan Memotong Lidah Mertua

Maret 05, 2022 Pegangan.com

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dapat tumbuh hingga ketinggian lebih dari 4 kaki jika Anda membiarkannya, dan tanaman akan menyebar ke luar saat daun baru tumbuh dari rimpang di bawah tanah.

Cara Memangkas Lidah Mertua: Panduan Langkah Demi Langkah

Lidah Mertua (Sansevieria) dapat tumbuh hingga ketinggian lebih dari 4 kaki jika Anda membiarkannya, dan tanaman akan menyebar ke luar saat daun baru tumbuh dari rimpang di bawah tanah. Pada titik tertentu, Anda mungkin harus merapikan semuanya, dan penting untuk mengetahui cara memangkas tanaman lidah mertua dengan benar, agar tanaman Anda tetap sehat dan terlihat bagus.

Cara memangkas lidah mertua: Periksa tanaman apakah ada tanda-tanda kerusakan atau daun yang sakit. Pangkas untuk mengembalikan bentuk, kurangi ukuran, dan perbaiki penampilan tanaman lidah mertua Anda. Gunakan sepasang pemangkas yang tajam dan steril atau pisau tajam untuk memotong daun yang ada di garis tanah. Buang daun yang rusak dan dewasa sebagai preferensi untuk dedaunan baru.

Kapankah harus Memangkas Lidah Mertua

Lidah mertua terkenal kuat dan pertumbuhannya cukup lambat, jadi kemungkinan besar akan mentolerir pemangkasan dengan sangat baik setiap saat sepanjang tahun. Namun, untuk memberi tanaman Anda kesempatan terbaik untuk berkembang setelah pemangkasan, yang terbaik adalah melakukannya saat tanaman sedang aktif tumbuh, idealnya di musim semi atau awal musim panas.

Pemangkasan memang membuat lidah mertua di menjadi stress, jadi jika tanaman lidah mertua Anda dalam kondisi sakit, lebih baik untuk meningkatkan tindakan perawatan umum terlebih dahulu, mendorong beberapa pertumbuhan baru yang sehat, dan kemudian memangkas lidah mertua Anda, untuk mendorong pemulihan yang cepat.

Mengapa Anda Harus Memangkas Lidah Mertua Anda?

Tanaman lidah mertua tidak perlu dipangkas sesering beberapa tanaman, tetapi ada tiga alasan utama mengapa Anda harus memangkasnya dari waktu ke waktu;

Pertahankan Ukuran Lidah Mertua Anda

Lidah Mertua bertambah besar dengan menyebar dari rimpang di bawah tanah. Daun baru akan semakin memperbesar penyebaran tanaman, dan Anda akan segera sadar bahwa lidah mertua sudah benar-benar memenuhi wadahnya. Hal ini dapat menyebabkan tanaman Anda menjadi terlilit pada akarnya, yang akan berdampak pada kesehatan dan menghambat pertumbuhan lidah mertua Anda.

Akar lidah mertua bisa sangat besar dibandingkan dengan ukuran tanaman secara keseluruhan. Tanaman yang terlihat cukup nyaman di potnya bisa memiliki akar yang melilit rapat di bagian dalam pot.

Jika Anda ingin mempertahankan ukuran tanaman Anda, tanpa harus memindahkannya ke pot yang lebih besar, maka pemangkasan teratur adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Selain itu, daun tanaman lidah mertua terus bertambah tinggi untuk beberapa waktu, dan tanaman yang relatif kecil ketika dibeli, dapat segera memiliki daun setinggi beberapa kaki. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan memangkas daun tertinggi. Ini membantu mempertahankan ketinggian yang lebih moderat.

Untuk Menghilangkan Dedaunan Yang Rusak Atau Tua

Daun lidah mertua adalah fitur yang sangat menarik, dan daun individu dapat bertahan selama bertahun-tahun. Namun, setiap kerusakan yang berkembang pada daun mereka akan menjadi tetap secara permanen. Penyimpangan kecil dalam perawatan, seperti sinar matahari yang berlebihan, penyiraman yang berlebihan atau serangan hama dapat menyebabkan daun rusak yang mulai terlihat tidak sedap dipandang setelah beberapa saat.

Untungnya, Anda dapat memulihkan kecantikan lidah mertua Anda dengan memangkas daun yang mulai terlihat sedikit tidak sedap dipandang, dan daun baru yang terbentuk sempurna akan segera tumbuh untuk menggantikannya, asalkan Anda merawat tanaman lidah mertua Anda dengan baik.

Untuk Meningkatkan Bentuk Tanaman Anda

Meskipun tanaman lidah mertua memiliki reputasi sulit untuk dibunuh, mereka relatif sulit untuk dijaga dalam kondisi sempurna. Daunnya cenderung melengkung, terkulai, atau menekuk ke berbagai arah, yang dapat memengaruhi tampilan tanaman Anda.

Jika lidah mertua Anda mulai terlihat seperti daunnya melakukan tugasnya sendiri, pemangkasan adalah kesempatan bagus untuk merapikannya, mengembalikan beberapa simetri, dan dengan cepat memperbaiki berbagai masalah dengan cepat dan mudah.

Peralatan Apa yang Saya Butuhkan?

Syukurlah, sangat sedikit. Inilah yang saya gunakan untuk membuat prosesnya sesederhana mungkin.

Pisau tajam, pemangkas atau gunting. Saya biasanya menyiapkan pisau dan gunting atau pemangkas untuk pekerjaan ini, karena pisau membantu saya memotong daun tepat di garis tanah, dan gunting atau pemangkas lebih mudah memangkas daun di bagian tengah tanaman .

Gunakan alkohol gosok atau air mendidih untuk mensterilkan peralatan Anda, meskipun terlihat bersih secara kosmetik. Alat Anda harus steril, karena sangat mudah menyebarkan penyakit dari satu tanaman ke tanaman berikutnya saat memangkas tanaman hias Anda.

Pilih permukaan yang bersih dengan banyak ruang untuk memangkas lidah mertua Anda. Pemangkasan bisa sedikit berantakan, karena Anda mungkin akan mengganggu sebagian tanah, dan Anda juga akan meninggalkan banyak potongan daun di ujungnya. Menggunakan bangku atau meja dapur yang bersih juga tidak apa, tetapi letakkan beberapa lembar koran jika Anda memangkas lidah mertua Anda di permukaan yang bisa menodai atau rusak alasnya.

Saya biasanya mengikuti tiga langkah ini untuk memangkas tanaman lidah mertua;

Kurangi Penyebaran Daun Lidah Mertua Anda

Mulailah dengan memangkas daun di sekitar tepi tanaman, dengan asumsi Anda ingin mengurangi ukuran tanaman dengan memangkas, bukan hanya membuang daun yang rusak. Gunakan pisau tajam untuk memotong setiap daun sedekat mungkin dengan garis tanah. Menghapus daun sedekat mungkin dengan pangkal akan meningkatkan penampilan tanaman lidah mertua Anda. Tunggul daun yang gemuk biasanya tidak terlihat bagus, jadi perlu usaha ekstra untuk memotong daun serendah mungkin.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memegang bagian atas daun, berikan sedikit tekanan ke atas, pegang pisau Anda sejajar dengan tanah dan buat satu potongan horizontal di sepanjang daun.

Daun lidah mertua bisa sangat keras, jadi mungkin perlu sedikit usaha untuk memotongnya. Cobalah untuk membuat potongan yang bersih, bukan serangkaian potongan yang bergerigi. Tepi daun yang compang-camping dapat meningkatkan risiko penyakit memasuki tunggul daun yang dipotong.

Mengurangi Tinggi Tanaman Lidah Mertua Anda

Setelah Anda membuang daun luar untuk kepuasan Anda, berkonsentrasilah pada ketinggian tanaman. Targetkan setiap daun yang lebih tinggi dari tanaman yang Anda inginkan dan potong masing-masing tanaman.

Untuk daun di bagian dalam tanaman, Anda akan menemukan menggunakan pemangkas atau gunting lebih mudah daripada pisau, tetapi lebih sulit untuk memotong daun tepat di pangkal. Jangan khawatir, karena tidak ada yang akan melihat tunggul daun di bagian dalam tanaman, sehingga tanaman Anda akan tetap terlihat indah.

Menghilangkan Daun Rusak

Setelah Anda memangkas lidah mertua Anda ke ukuran yang diinginkan, identifikasi daun yang rusak atau cacat yang ingin Anda pangkas untuk meningkatkan penampilan tanaman Anda. Memangkas daun tidak akan membuat tanaman Anda terlihat miring atau jarang. Tidak apa-apa memiliki tanaman hias yang tidak terlihat sempurna, jadi jangan khawatir untuk menghilangkan setiap daun dengan ketidaksempurnaan kecil.

Saat memangkas lidah mertua Anda, cobalah untuk tidak mengurangi ukuran tanaman lebih dari sepertiga sekaligus. Pemangkasan adalah pengalaman yang menegangkan bagi lidah mertua Anda, dan memangkas terlalu banyak dapat membuatnya rentan terhadap penyakit atau mungkin akan kesulitan selama beberapa bulan setelah pemangkasan jika Anda melakukannya terlalu jauh.

Hal lain yang saya sarankan adalah memangkas bagian daun. Sangat menggoda untuk memotong ujung coklat dan meninggalkan sisa daun, tetapi ini cenderung tidak efektif, karena ujung yang dipotong sering menjadi coklat sendiri, dan itu meningkatkan risiko penyakit bagi tanaman.

Seberapa Sering Saya Perlu Memangkas Tanaman Lidah Mertua Saya?

Dengan asumsi Anda memotong tanaman lidah mertua Anda kembali sepertiga atau kurang, Anda dapat mengharapkan tanaman lidah mertua Anda perlu dipangkas lagi dalam 2-3 tahun. Tanaman lidah mertua tidak tumbuh terlalu cepat, dan itu akan tergantung pada kondisi Anda menanam tanaman Anda. Banyak orang menanam tanaman lidah mertua dalam kondisi cahaya rendah di dalam ruangan, yang akan memperlambat pertumbuhan mereka secara signifikan.

Tidak ada aturan keras dan cepat tentang seberapa sering memangkas tanaman lidah mertua Anda. Sebenarnya, jika Anda ingin membiarkan tanaman lidah mertua Anda tumbuh secara maksimal, Anda dapat merepotingnya ke dalam pot yang lebih besar seiring pertumbuhannya dan, selama tanaman itu terlihat baik bagi Anda, Anda tidak perlu memangkasnya sama sekali.

Bisakah Saya Menumbuhkan Tanaman Lidah Mertua Baru Dari Stek?

Sangat bisa. Tanaman lidah mertua sangat mudah diperbanyak di tanah atau air dari stek daun. Memang butuh sedikit waktu, tetapi sangat mudah. Ini adalah kesempatan bagus untuk menanam beberapa tanaman lidah mertua ekstra untuk rumah Anda atau untuk dibagikan dengan teman dan keluarga Anda.

Penutup

Lidah Mertua termasuk tanaman yang kuat dan tahan banting, begitu juga dengan cara merawat nya yang tidak terlalu menghabiskan waktu bagi anda yang sibuk dengan kegiatan lainnya. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat bagi anda serta menjadi pegangan anda untuk memulai merawat dan menjadi petunjuk untuk memangkas tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) anda.

Topik

Semua konten blog:

Hak cipta 2022 © oleh Pegangan.com

Semua gambar hak cipta dari situs Unsplash dan Pexels

Tertarik dengan domain ini atau ingin memiliki website seperti ini? Hubungi saya.